Psikologi pendidikan memiliki keluasan makna. Jika ditinjau dari
kata 'psikologi' maka dapat dimaknai sebagai studi ilmiah tentang
perilaku dan proses mental. Maka psikologi pendidikan adalah cabang
dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami
pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.Tidaklah
berlebihan jika melalui psikologi pendidikan sebenarnya dapat dibangun
suatu masa depan anak-anak dengan baik.
Tiga tokoh perintis terkemuka di awal sejarah psikologi pendidikan adalah William James, John Dewey dan E.L. Thorndike.
Perkembangan psikologi pendidikan sangat dipengaruhi dan bersumber
pada banyak teori dan penelitian psikologi. Diantaranya adalah Jean
Piaget dan Lev Vygotsky. Tokoh perkembangan kognitif dan bahasa ini
tidak khusus menciptakan informasi bagi guru sehubungan dengan cara
mendidikan anak. Namun teori-teori dari kedua tokoh ini banyak
mengandung aplikasi yang bisa menjadi pendoman untuk mengajar. Termasuk
diantaranya adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan motivasi,
mengajar dan pembelajaran, kecakapan diri (self efficacy).
Hal yang penting untuk diingat adalah bahwa ahli psikologi
pendidikan mengakui bahwa dalam mengaplikasikan teori atau hasil
penelitian tetap diperlukan improvisasi, spontanitas sebagai seni dalam
mengajar.
(Sumber Santrock, 2007)
0 komentar:
Posting Komentar