berdasarkan tingkat formalitasnya, evaluasi dapat dibagi menjadi tiga yaitu
1. evaluasi informal
2. evaluasi semiformal
3. evaluasi formal.
tujuan dari evaluasi sendiri yaitu :
1. menentukan seberapa besar peserta didik secara individual dan keseluruhan kelas telah mencapai tujua umum yang telah ditetapkan
2. untuk mengukur tingkat perkembangan yang telah dicapai oleh peserta didik dalam waktu tertentu
3. untuk menentukan efektivitas bahan, metode, dan kegiatan pengajaran
4. untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi peserta didik, instruktur, dan masyarakat
prosedur evaluasi menurut Morgan et al. (1976), terdapat 7 langkah :
1. mengecek dari tujuan
2. memeriksa apa yang dilakukan untuk mencapai tujuan
3. mengumpulkan bukti
4. menentukan sumber bukti
5. menentukan alat untuk memperoleh bukti
6. menganalisis bukti
7. menggunakan hasil.
Suprijanto. 2005. Pendidikan Orang Dewasa : Dari Teori Hingga
Aplikasi. Jakarta : PT
Bumi Aksara
0 komentar:
Posting Komentar