Senin, 09 September 2013

BAB I TINJAUAN

Diposting oleh 11.126evafb di 23.21
Belajar adalah proses multisegi yang biasanya dianggap sesuatu yang biasa saja oleh individu sampai mereka mengalami kesulitan saat menghadapi tugas yang kompleks.
Apa peran belajar dalam kehidupan sehari - hari? 
 untuk mengembangkan kultur dan pengalaman agar setiap generasi mampu mempelajari hal - hal tanpa sepotong - sepotong, memiliki ketrampilan dan kemampuan tentang strategi untuk menjalankan peran di dunia, serta sikap dan nilai untuk memandu tindakan seseorang.
Seperti apa upaya prateoritus untuk menjelaskan tentang belajar?
ada berbagai cara yang digunakan untuk menjelaskan tentang belajar.
1. kebijakan tradisional = memakai pepatah, pribahasa, dan ungkapan populer dari pengalaman hidup.
2. filsafat = menggunakan logika dan penalaran, filsuf mendefinisikan tentang kebenaran, kebajikan, pengetahuan, belajar.
3. pertumbuhan riset = berbagai riset dilakukan untuk mengembangkan bagaimana proses belajar pada siswa.
Apa kriteria untuk teori belajar ? 
ada 3 kriteria penting untuk setiap teori belajar yaitu (a) seperangkat asumsi yang jelas tentang aspek belajar yang dibahas oleh teori ; (b) defenisi yang jelas dari istilah penting ; (c) prinsip spesifik yang diambil dari asumsi yang dapat diuji melalui riset.
Apa fungsi teori belajar?
teori yang baik harus memenuhi fungsi umum dan khusus.
A. fungsi umum. Suppes (1974) mengidentifikasi lima fungsi (a) sebagai kerangka riset ; (b) memberikan kerangka organisasi untuk item - item informasi ; (c) mengidentifikasi sifat dari peristiwa yang kompleks ;(d) mereorganisasi pengalaman sebelumnya ;(e) bertindak sebagai penjelas kerja dan peristiwa.
B. fungi khusus
terdapat empat fungsi khusus yaitu (a) sebagai pedoman perencanaan in struksi ;(b) mengevaluasi produk untuk dipakai : (c) mengdiagnosa problem dalam instruksi kelas ; (d) mengevaluasi riset berdasarkan teori.
Bagaimana mempengaruhi perkembangan teori belajar?
perkembangan teori belajar dimulai pada awal abad ke -20 dengan tiga pendekatan berbasis laboratorium. tetapi, teori belajar dan teori perkembangan Piaget adalah teori yang paling universal. artinya, mereka mengidentifikasi peristiwa yang esensial dari belajar atau perkembangan kognitif yang berlaku universal.
Apa itu filsafat yang disebut konstruktivisme?
Perkembnagan filsafat biasanya diawali dengan definisi realitas dan mendeskripsikan satuan yang lain yang termasuk dalam istilah definisi tersebut, konstruktivisme berfokus pada sifat pengetahuan. yang artinya, konstruktivisme memberikan peran besar pada proses sosial yang berfungsi sebagai kriteria untuk menentukan konten pengetahuan.
Apa itu konstruktivisme edukasional?
ada tiga tipe konstruktivisme edukasional yaitu (a) memandang semua pengetahuan sebagai konstruksi manusia (b) individu menciptakan pengetahuan dan mengkonstruksi konsep (c) sudut pandang hanya bisa dinilai secara parsial berdasarkan korespondensinya dengan norma yang diterima oleh umum.

0 komentar:

Posting Komentar

 

'" Willkommen"' Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei