Metode
yang digunakan dalam pendidikan orang dewasa sangat banyak. Mulai dari
penyajian formal sampai dengan widya wisata. Pengetahuan tentang metode ini
sangat penting agar dapat menentukan metode yang sesuai dengan program
pendidikan orang dewasa yang dilaksanakan. Metode orang dewasa dapat ditinjau
dari dua sudut pandang yaitu:
1. Kontinum
proses belajar
Dari sudut pandang
kontinum proses belajar, orang dewasa yang sedang belajar dapat menggunakan
metode antara lain: (1) bacaan,(2) ceramah,(3) diskusi,(4) latihan partisipasi,
(5) studi kasus,(6) permainan peran/ role playing,(7) instrumentasi,(8)
pengalaman struktur,(9) kelompok pertumbuhan intensif.
2. Jenis
pertemuan
Dari sudut pandang jenis pertemuan,
pendidikan orang dewasa dapat menggunakan metode, (1) institusi/pelatihan,(2)
konvensi,(3) konferensi,(4) lokakarya/workshop,(5) seminar,(6) kursus kilat,(7)
kuliah bersambung,(8) kelas formal,dan (9) diskusi terbuka.
Selanjutnya,
metode dalam pertemuan secra lengkap terdiri dari:
1. Penyajian
formal : ceramah atau kuliah, symposium, diskusi panel, kolokium,
2. Teknik
diskusi: diskusi kelompok dengan wakil pimpinan, kelompok huddle, sesi buzz, teknik”
Phillips 66”, tim pimpinan, tim pendengar, permainan peran, skit drama,
curah pendapat, diskusi informal, debat, diskusi mangkok ikan, teknik kelompok
nominal, forum kuliah, forum symposium, forum panel
3. Demontrasi dan laboratorium : demontrasi
metode dan hasil, prosedur laboratorium
4. Widyawisata
5. Audiovisual
dan komnukasi tertulis.
Sumber
: Suprijanto,2007. Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi.Jakarta :
Bumi Aksara
0 komentar:
Posting Komentar