Sabtu, 12 April 2014

PROSES BELAJAR MENGAJAR & PERENCANAAN PENDIDIKAN ORANG DEWASA

Diposting oleh 11.126evafb di 08.24



A.    Proses belajar mengajar pendidikan orang dewasa
Proses belajar mengajar orang dewasa adalah suatu proses berlangsungnya kegiatan belajar yang dilakukan noleh pelajar atau peserta didik dan kegiatan mengajar yang dilakukan oleh pendidik atau pembimbing. Peserta didik belajar melalui suatu proses belajar yang berlangsung secara bertahap dimulai dari timbulnya motivasi, dilanjutkan perhatian pada pembelajran, menerima dan mengingat, reproduksi, generalisasi, diakhiri dengan melaksanakan tugas belajar dan memberikan umpan balik atas hasil belajar.
Sementara itu, cirri-ciri belajar orang dewasa yang perlu diperhatikan antara lain (1) motivasi belajar berasal dari dirinya sendiri,(2) orang dewasa belajar jika bermanfaat bagi dirinya,(3) orang dewasa akan belajar jika pendapatnya dihormati,(4) adanya kepercayaan antra pembimbing dan peserta didik,(5) mengharapkan suasan belajar yang menyenangkan dan menantang,(6) ingin mengetahui kelebihan dan kekurangannya,(7) orientasi belajar orang dewasa terrpusat pada kehidupan nyata,(8) adanya sumber-sumber,(9) mengutamakan perannya sebagai peserta didik,(10) belajar bagi orang dewasa adalah hasil mengalami sesuatu,(11) belajar adalah proses emosional dan intelektual sekaligus, (12) belajar merupakan hasil kerja sama antara manusia, (13) terjadi komunikasi timbal balik dan pertukaran pendapat, (14) belajar bagi orang dewasa bersifat unik,(15) orang dewasa umumnya mempunyai pendapat, kecerdasan, dan cara belajar yang berbeda.
B.     Perencanaan Pendidikan Orang Dewasa
Suatu perencanaan pendidikan mempunyai komponen tretentu yaitu (1) peserta didik, (2) tujuan belajar, (3) sumber belajar, (4) kurikulum,(5) organisasi pelaksana,(6) kondisi masyarakat setempat,(7) kemanfaatan langsung. Prinsip perencanaan partisipatif adalah (1) hubungan dengan masyarakat,(2) partisipan tertarik dan mau belajar dari yang ahli,(3) menggunakan teknik kerja kelompok,(4) membuat ramalan dan program,(5) mengambil keputusan secara bersama.
Dalam mengidentifikasi tujuan umum pengajaran, terdapat criteria antara lain (1) pernyataan umum dan jelas tentang hasil belajar,(2) penjelasan tentang apa yang akan dicapai peserta didik,(3) jelas berhubungan dengan kebutuhan yang telah ditetapkan,(4) dapat dicapai dengan baik jika menggunakan pengajaran daripada dengan alat lain. Evaluasi sumatif perlu dirancang dan dilakukan untuk mengetahui efektivitas satuan acara pengajaran.


Sumber : Suprijanto,2007. Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi.Jakarta : Bumi Aksara
 



0 komentar:

Posting Komentar

 

'" Willkommen"' Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei