Rabu, 09 April 2014

PENGERTIAN & PRINSIP PENDIDIKAN ORANG DEWASA

Diposting oleh 11.126evafb di 22.45



A.    Pengertian Pendidikan Orang Dewasa
Defenisi Pendidikan Nasional menurut Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Cirri- cirri pendidikan nasional adalah (1) mempunyai komponen yang saling berhubungan satu sama lain; (2) komponen tersebut merupakan satu kesatuan; (3) mempunyai tujuan tertentu;(4) tujuan tu dapat tercapai dengan berfungsinya komponen tersebut (Faisal,1981).pendidikan dilaksanakan melalui tiga jalur, yaitu (1) pendidikan formal,(2) nonformal,(3) informal.
Pendidikan dewasa dirumuskan sebagai suatu proses yang menumbuhkan keinginan untuk bertanya dan belajar secara berkelanjutan seumur hidup.pendidikan andragogy berbeda dengan pendidikan paedagogy. Pendidikan anak-anak berlangsung dalam bentuk identifikasi dan peniruan, sedangkan pendidikan orang dewasa berlangsung dalam bentuk pengarahan diri sendiri untuk memecahkan masalah.menurut UNESCO (Townsend Coles, 1977 dalam Lanundi,1982) mendefinisikan pendidikan orang dewasa sebgai berikut :
“ keseluruhan proses pendidikan yang diorganisasikan, apapun isinya, tingkatan, metode baik formal atau tidak, yang melanjutkan maupun menggantikan pendidikan  semula di sekolah, akademi dan universitas serta latihan kerja, yang membuat orang yang dianggap dewasa oleh masyarakat mengembangkan kemampuannya, meningkatkan kualifikasi teknis ataupun profesionalnya,  memperkaya pengetahuannya, dan mengakibatkan perubahan pada sikap dan perilakunya dalam perspektif rangkap perkembangan pribadi secara utuh dan partisipasi dalam pengembangan social, ekonomi, dan budaya yang seimbang dan bebas.”
B.     PRINSIP PENDIDIKAN ORANG DEWASA
Prinsip pendidikan orang dewasa terdiri dari :
1.      Hukum Belajar
Hukum belajar berisi ketentuan tentang cara orang belajar dan kondisi yang dapat meningkatkan hasil belajar. Terdiri dari 8 unsur pokok (1) keinginan belajar,(2) pengertian terhadap tugas,(3) hukum latihan,(4) hukum akibat,(5) hukum asosiasi,(6) minat, keuletan,intensitas, (7) ketetapan hati,(8) pengetahuan akan keberahsilan dan kegagalan.
2.      Penetapan tujuan
Penentapan tujuan terdiri dari tujuan umum ( tregantung dari visi dan misi suatu Negara), tujuan khusus ( terdiri dari tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor).
3.      Pemilihan Materi Pelajaran
Dalam memilih materi pelajaran harus menggunakan criteria seperti materi harus menarik, dapat dimengerti, bermanfaat, dapat membnatu tujuan pendidikan, dan sesuai dengan subjek yang telah ditetapkan.
4.      Pengembangan Sikap
Hal yang penting dari pengembangan sikap ini yaitu mengembangkan kemampuan untuk mengendalikan emosi  menghadapi situasi hidup sehari-hari. Emosi yang terkendali akan dapat memberikan warna, semangat dan kebahagiaan hidup.
5.      Idealism
Idealism disini adalah suatu standar kesempurnaan yang diterima oleh individu atau kelompok. Prinsip utama dalam mengajarkan idealism adalah peserta didik harus mengetahui idealism melalui bacaan, diskusi, pengamatan, dan bimbingan.
6.      Minat
Pengembangan minat diarahkan pada minat untuk belajar, dimana makin besar minatnya , makin besar semangatnya dan makin besar juga hasil kerjanya.
7.      Pengajaran Pengethuan
Pengetahuan dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu (1) pengetahuan yang harus diingat secra permanen seperti kebenaran, prinsip umum, hkum dan teknik (2) pengetahuan yang cukup dipelajari dimana menemukan dan bagimana menggunakannya.

sumber : Suprijanto, 2007. Pendidikan Orang Dewasa : dari teori hingga aplikasi.Jakarta : Bumi Aksara.

1 komentar:

pakoyapp on 5 Maret 2022 pukul 04.19 mengatakan...

surgical steel vs titanium - Titanium Art
Titanium Art | Titanium Art. Titanium Art. Titanium titanium granite countertops Art. Titanium Art. Titanium Art. Titanium Art. Titanium Art. Titanium Art. Titanium Art. Titanium Art. Titanium Art. Titanium Art. titanium white acrylic paint Titanium Art. Titanium Art. Titanium titanium post earrings Art. where is titanium found Titanium Art. Titanium Art. titanium nitride

Posting Komentar

 

'" Willkommen"' Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei